Persilangan Anggrek Phalaenopsis

Phalaenopsis Keindahan Anggrek Phalaenopsis tidak diragukan lagi. Berkat keelokan tersebut anggrek ini menjadi salah satu primadona bisnis anggrek di Indonesia bahkan di dunia. Negara yang telah mengembangkan anggrek ini secara besar-besaran adalah Taiwan. Kendati sebagai gudangnya anggrek Phalaenopsis, belum banyak silangan yang dihasilkan oleh Indonesia. Upaya untuk memperkaya keanekaragaman anggrek bulan (Phalaenopsis sp) dapat dilakukan dengan persilangan. Tujuan dari persilangan ini adalah untuk meningkatkan kualitas bunga anggrek atau upaya untuk mendapatkan kultivar baru dan sasaran pemuliaan tanaman anggrek yaitu untuk memperluas keragaman genetik pada bentuk dan warna yang unik, disenangi konsumen, frekuensi berbunga yang tinggi dan tahan terhadap penyakit serta lingkungan tanam sehingga perlakuan perlu dilakukan dalam penelitian.

f22Disini, Ir. Sri Hartati, MP salah satu Peergroup di Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas melakukan penelitian persilangan anggrek bulan ini yang didanai DIPA Pusat 2009. Ir. Sri Hartati, MP dalam penelitiannya menggunakan metode percobaan faktorial dalam rancangan dasar RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri atas 2 faktor yaitu kombinasi persilangan dan waktu persilangan.

f33Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April - September 2009 bertempat di Jl. Pakel RT04/RW 10 Sumber Solo dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.