Annona squamosa. L di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

srikaya-shapeAnnona squamosa. L atau Tanaman Srikaya yang merupakan buah yang sangat disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan kekhususan buahnya lunak berbiji dan rasanya manis. Sukolilo merupakan salah satu daerah sentral tanaman yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan petani di daerah tersebut. Populasi tanaman tersebar secara liar di daerah perbukitan belum dilakukan pembudidayaan dan diduga memiliki tingkat keragaman yang cukup tinggi sehingga hasilnya masih jauh dari optimal. Langkah awal untuk peningkatan produksi secara pemuliaan adalah adanya keragaman tanaman, pengamatan morfologi meliputi pengamatan secar visual dan mendapatkan karakter fenotip dan dari informasi fenotip itu dapat dipakai untuk mengetahui tingkat keragaman tanaman dan juga untuk menduga tingkat keragaman genotip.

pak-djati21Disini Dr. Ir. Djati Walujo Djoar, MS dari Puslitbang Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS mencoba untuk melakukan penelitian terkait dengan keragaman tanaman Srikaya dengan metode survey yang kemudian selanjutnya bisa diketahui informasi fenotip sebagai dasar program pemuliaan untuk perbaikan hasil. Penelitian ini didukung oleh sepenuhnya Puslitbang Bioteknologi dan Biodiversitas yang didanai oleh DIPA.

Penelitian ini dimulai pada bulan Juni 2009 - September 2009 mulai dari pengambilan sample 36 tanaman pada 4 kelompok populasi tanaman yang terdapat di 2 desa di kecamatan Sukolilo, Pati. Kemudian dilakukan pengamatan morphologi tanaman meliputi daun, batang, bunga, buah dan karakter morfhologi lainnya yang bersifat spesifik yang ditemukan di lapangan dan kemudian dilakukan evaluasi kandungan gula diLaboratorium Fakultas Pertanian UNS. Selanjutnya dilakukan analisa data untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk melakukan usaha pemuliaan tanaman secara efektif dan berguna untuk peningkatan kualitas dari tanaman Srikaya di daerah Sukolilo Kabupaten Pati.